Minggu, 04 April 2010

Menambahkan "Read More" di dalam Postingan

Sudah tidak asing lagi bagi seorang blogger profesional dengan kata-kata "read more". Namun bagi seorang pemula yang bingung dengan postingannya yang cukup panjang (termasuk saya tentunya :D) hal ini masih sangat sukar tuk diaplikasikan. Usut punya usut saya pun berkelana mencari ilmu dan informasi tentang si "read more" ini. Sudah banyak blog dan web yang saya kunjungi, disana pula terdapat beragam cara untuk menampilkan si "read more" ini ke dalam blog kita. Akhirnya setelah sekian lama saya pun berhasil mendapatkan si "read more" yang cocok dengan template saya ini. Alhamdulillah...

Singkat cerita seperti inilah ilmu "read more" yang cocok untuk template blog saya, hehe

1. silahkan log in ke blogger Anda, lalu klik "tata letak" dan klik "edit html"
2. beri tanda centang pada kotak "expand template widget"
3. copy-paste-kan kode berikut

<style>
<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
  span.fullpost {display:inline;}
<b:else/>
 span.fullpost {display:none;}
</b:if>
</style>
   
di atas script </head>. Agar lebih mudah, tekan ctrl + f untuk search mode

4. setelah itu copy-paste-kan kembali kode berikut

<b:if cond='data:blog.pageType != "item"'>
<a expr:href='data:post.url'> Read More..</a>
</b:if>

di bawah script <data:post:body/>. Lalu klik save.

5. Langkah terakhir adalah menyisipkan script ke dalam postingan yang akan dibuat. Klik "pengaturan" lalu masuk ke bagian format. Di bagian terbawah yaitu "tempalate entri" sisipkan kode berikut

<span class="fullpost">

</span>

Klik save dan selesai.

Analoginya adalah ketika sebuah postingan akan dibuat maka kode dari langkah ke-5 tadi akan muncul di bagian "edit html". Masukkan kata-kata pertama yang akan ditampilkan sebelum kode <span class="fullpost">, dan sisanya di bawah kode tersebut lalu diakhiri dengan kode </span>. Tulisan yang berwarna merah dapat disesuaikan dengan selera.

Oke..
Gud luck..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar