Rabu, 06 Juni 2012

Mind Reading Technique

----- TEHNIK DASAR -----

1. DEDUKSI >> proses pengambilan kesimpulan berdasarkan bukti2 yang ada

Misalkan ente habis makan pizza, bibir ente blepotan sama saos, tiba2 ane lewat dan nebak "hey bro makan pizza dimana loe?", trus ente kaget "koq bisa tau ane makan pizza?". Nah yang jadi acuan utama ane adalah muloet ente yang blepotan gara2 saos (tentu aja mungkin ditunjang juga sama faktor2 laen), dan akhirnya ane mengambil kesimpulan ente makan pizza.

ane tebak avatar loe suka kedip2 tampilin model2, ane ambil kesimpulan loe suka fotografi <== lihat? ada bukti dan ane buat kesimpulan.

2. INDUKSI >> proses pengambilan keputusan berdasarkan generalisasi

Kalo ente liat tukang becak, yang ada di pikiran ente apa? pasti tu orang kesusahan dalam hal ekonomi, kasih makan buat kloearganya, kerja dari pagi sampe malem <== see ente uda bisa ambil kesimpulan berdasarkan fakta fakta yang biasa terjadi.

Jadi kalo ane bilang ente suka fotografi berdasarkan proses deduksi, tinggal ane kembangin pake kemampuan induksi, ente suka mode, suka sesuatu yang unik, dan bla2.

Tehnik induksi ini yang biasa digunakan sama peramal2, fortune teller, teller bank lah (loh wkwk), ato sejenisnya. Mereka bilang Impresi (bahasa kerenya First impression pas ketemu tu orang).

Jadi kalo ane ngeliat cewe rambut pendek, impresi pertama ane apa? <== Nih cewe pasti hobi olahraga tomboy dan mungkin aja suka sesama jenis (ini kesimpulan mentah yang tingkat kebenarnya cuman 60% mesti disaring lagi).

Cara kerja induksi dan deduksi tu saling berhubungan dan saling melengkapi, jadi ada kemungkinan induksi duloe baru deduksi, tapi sebagian besar yang ane lakuin biasanya deduksi duloe baru induksi, flexible aja.

----- TEHNIK LAIN (untuk membangun trust) atau biasa disebut RAPPORT -----

Ini apa yang ane sebut dengan tehnik pelengkap untuk membangun trust (istilah lainya tehnik jaga2 kalo induksi ato deduksi yang loe lakuin salah)

1. FERROR effect/barnum statement

Ini juga skill yang biasa dipakai peramal peramal sampai orang orang tercengang kaget kenapa dia bisa. Skill ini diciptain sama PT.barnum, menurut ane ini orang pinter banget sampe bisa nemuin skill nipu yang sangat berguna ini haha.

Statement yang di maksud adalah statment2 umum, contoh:
ane biasa ngeramal orang, ane mulai dengan pernyataan2 umum duloe atau yang pasti2 duloe, Misalkan pasienya cewek "sis benci perokok (80% cewe emang benci merokok), sis lebih punya banyak temen daripada sahabat (siapa yang engga? semua orang kyk gini deh), sis suka jalan2 tapi terkadang suka di rumah, sis benci sama serangga (cewe emang benci serangga kecuali tu cewe kanibal haha). Baru ane tambahkan dengan cold reading dari liat avatar cara nulis bla2 (tentang cold ama hot reading ane jelasin nanti)".

Pertanyaannya kenapa harus disertakan pernyataan2 yang umum duloe ato yang ente2 tau duloe? ini penting soalnya untuk membuat Trust atau kepercayaan (semacam sugesti kalo sebenernya ente udah berhasil membaca karakter dia) seperti ini:

+ sis benci perokok(80% cewe emang benci merokok)
- “iy bener”
+ sis lebih punya banyak temen daripada sahabat (siapa yang engga? semua orang kyk gini deh)
- ”bener juga ini”
+ sis suka jalan2 tapi terkadang suka di rumah, sis benci sama serangga (cewe emang benci serangga kecuali tu cewe kanibal haha)
- ”WOW Bener dia bener2 amazing”

Prinsipnya terkadang setiap orang tu bingung sama kepribadianya sendiri, bawel, ceria, suka murung, atau gimana. Mereka butuh orang lain buat menegaskan kepribadian dan identitasnya tersebut (Padahal pada dasarnya setiap orang bisa punya dua kepribadian sekaligus, misalkan orang itu bawel, tapi disaat2 tertentu dia juga bisa pendiem kan? make sense gak? jadi tergantung yang mana orang tersebut percayai. Kalo orang tersebut percaya yang bawel, kita pilih pendiem salah dong kita?) Nah itu lah pentingnya kita buat TRUST tersebut. Orang tersebut jadi percaya sama perkataan kita, yang awalnya bawel bisa jadi pendiem (seperti sugesti karena mereka uda percaya kalo kita bener2 bisa ngeramal kepribadian asli mereka).

Hal ini ngejelasin kenapa orang2 suka tanya2 ke temen deket ato sahabat deket:
+ ”eh ane kayak gmana sih orangnya?”
- ”loe tu orangnya rada egois coba deh kurangin dan lebih suka berbagi”
+ ”ooh gitu ya makasi ya”.

Kenapa orang tersebut mau berubah padahal belom tentu dia beneran egois, tapi cuman pandangan satu orang sahabatnya? karena sahabat deketnya sudah punya TRUST, si cewe sudah nyangka kalo temen deketnya itu bener2 mengenal dia, bahkan terkadang melebihi dirinya sendiri.

Jadi kembali ke topik awal kalo kita bilang dia pendiem, tapi aslinya bawel, gapapa asal ente sudah membangun trust duloe, itu bakal membuat dia inget2 sisi pendiem dia. Pas lagi sendiri kek pas lagi dirumah kek, pas lagi boker kek.

2. Penggunaan kata tapi

Liat gak ane sering menggunakan kata tapi?. ”tapi” punya peran penting dalam reading, ini jadi pedang bermata dua bro, coba liat statement ane yang ini “sis ini bawel tapi terkadang bisa jadi pendiem disaat2 tertentu”? wakkakakaka konyol emang tapi liat orang2 langsung amazed. Sis bawel tapi pendiem juga (nah loh, sadar gak?). Yah pengunaan tapi juga bisa buat membangun trust.

Sebagai kesimpulan tehnik induksi dan deduksi itu loe beneran baca kepribadian mereka, tapi dengan tehnik build trust (biasanya tehnik ini dimulai dahuloe baru induksi dan deduksi) ini tehnik jaga2 kalo2 pengambilan kesimpulan induksi dan deduksi loe salah, jadi gak maloe2 banget lah.

Belajar pelan2 kalo kebanyakan ilmu dalam sehari gak baik juga huahuahahaha. Ane pribadi sih pake biasa diawal kenalan aja, uda gitu ane gak pernah analisis lagi kalo lagi ngobrol ato jalan ngalir aja selayaknya orang normal, kalo prediksi ato ngelakuin reading trus ke orang hubungan malah terlihat kaku, loe kliatan kayak robot cuy, dikit2 loe tau, dikit2 loe tau (WTF) wkwkwkw.

menurut ane tehnik reading asli tu ada di hot reading,dan read body language kapan2 ane tulis dsini kalo lagi nganggur

----- Ilmu Tambahan -----

1. ELIMINASI

Yang terpenting pas ente2 uda dapet suatu kesimpulan, mesti dilakukan eliminasi supaya memberbesar rate predikisnya. Contoh kasus:

Seorang cewe sedang duduk dibangku taman, dan banyak orang laloe lalang, mengenakan jeans biru, berambut pendek, sepatu sport, kaos berwarna putih di padu dengan hoodie, terlihat seperti sedang menunggu seseorang, tatapan matanya tajam, dia mengenakan jam tangan berwarna hitam di tangan kanan, dan ditangan kirinya ada pernak pernik emas (terlihat seperti emas asli,tapi itu tipikal yang girly banget), dan sesekali dia melihat jam tanganya.

Kesimpulan apa yang bisa diambil dari sini? dia sedang menunggu seseorang (mungkin), dia sedang ngadem/ngaso(mungkin), atau dia sedang bermeditasi(mungkin juga).

Kita lakukan proses eliminasi, singkirkan hal2 yang menurut ente paling masuk akal disertai dengan alasan:

- Dia sedang ngaso? <== Untuk apa dia pake hoodie double dengan baju, kenapa gak pake baju putih doank? kenapa dia terlihat gelisah sambil ngelirik jam nya trus? kenapa pula dia pake sepatu sport kalo mau ngaso? (pertanyaan2 seperti ini kalo gak ada alasan yang masuk akal untuk menjawab kita mesti membuang jawaban ini). <== satu biji kita eliminasi

- Dia mau bermeditasi? serius dia mau meditasi di taman? kecuali dia gila, tapi dia terlihat normal dan dia terlihat gelisah. <== oke kita eliminasi lagi

- Dia sedang menunggu seseorang untuk menjemputnya, kemungkinan besar ingin berolahraga, dan sepertinya orang tersebut telat <== menjawab semua pertanyaan dan kesimpulan masuk akal.

Oke dapat kita tarik dia sedang menungu seseorang untuk menjemputnya, untuk berolahraga pagi. sekarang kita tarik kesimpulan berikutnya:

- Rambut pendek, terlihat sporty, jam tangan cowok <== kesimpulanya? dia tomboy. Tapi ada hal yang mengganjal, kenapa dia pake pernik emas ditangan satunya yang girly banget. Menurut ente gimana? (coba latihan pake ini, kemungkinan terbesar kenapa? hahaha).

Ingat yang ane utarain dan ente tebak itu cuman kemungkinan, proses eliminasi tu diperloekan supaya kita gak menebak ato mengambil kesimpulan secara gegabah. Intinya kumpulkan semua kesimpulan eliminasi satu per satu, sampe dapet jawaban yang paling mungkin. sisanya adalah kebenaran.

2. SUGAR loeMPS

Namanya terdengar unik tapi sebenernya ini punya peran penting dalam ngelakuin cold reading, tehnik ini bertujuan untuk membajak orang tersebut. Teknik yang digunakan adalah memberikan hal-hal yang sifatnya manis mengenai orang tersebut, tetapi tetap dengan mengatakan sesuatu yang sifatnya seperti merupakan kebenaran. Contoh:

1 >> loe itu orangnya pemalas, gak suka bergaul, loemayan pede, tapi terkesan pemaloe, loe juga gak punya tujuan hidup bla2.

perbandinganya sama kalimat yang sama tetapi sudah dipoles dengan sugar loemps.

2 >> loe itu orangnya pinter, tapi tidak begitu rajin, loemayan banyak teman tapi sedikit sahabat, loe pede disaat2 tertentu, tapi di tempat tertentu loe juga bisa jadi pemaloe, loe belom menemukan tujuan hidup, tapi loe pengen melakukan perubahan di hidup loe.

lihat? orang2 lebih menerima option ke 2 kenapa??. Hal ini berkaitan dengan defend mechanism (pertahanan bawah sadar) setiap orang. Orang2 cenderung malas mendegar kesan negatif tentang dirinya kecuali atas dasar keinginan orang tersebut. Setiap kita membuat kesimpulan diawali dengan hal2 negatif orang tersebut (tanpa diminta tentunya) langsung saja *TING TONG* defend mechanism bekerja, orang langsung respon "wah salah tu ramalanya", "apaan si ngaco abis tu prediksi orang ane banyak temen".

Mereka langsung menolak ramalan ato prediksi tersebut gak pake embel2 lagi, walaupun prediksi benar orang tersebut tetap menolak karena pada dasarnya tu orang uda mempunyai pandangan ramalan anda salah ini disebabkan sama defend mechanism. Sama kayak loe benci orang, seberapa baiknya tu orang ato seberapa cakepnya tu orang emang dasarnya loe dah benci, tetep aja loe benci?paham?

Nah bagaimana caranya nurunin defend mechanism seseorang?
1. Menggunakan Humour
2. Aproval atau pujian

Tentunya loe gak bakal mengunakan humour (terkadng perlu sih), loe bukan pelawak kan? nah kita pakai cara pujian. PAda dasarnya semua orang senang dipuji walaupun pujian tersebut sama sekali bukan sifat dia. Contoh:

Kalo loe adalah orang gendut, tiba2 ada temen loe samperin loe bilang "Wow koq loe jadi kurus sekarang?". Apa perasaan loe? seneng kan? (padahal loe mati2 an diet tapi gagal trus). Bahasa pyschologynya tension reduction, nah disaat hati loe seneng, defend mechanism dalam diri loe bisa kita matikan, baru mulai kasih dia kesimpulan2 loe tentang karakter dia.

Tehnik ini sangat efektif buat ngebaca orang yang skeptis(curiga berlebih), puji dulu aja "Wow men loe orangnya kritis abis"....*TING TONG* defend mechanism nya mati, mereka terlalu menikmati pujian sampe lupa buat menganalisa ramalan kita, baru kita masukan kesimpulan2 kita.

Liat deh seberapa sering ane mengunakan sugar loemps, kalo di liat2 lagi, sebenernya ane melakukan pujian dan itu bukan kepribadian loe, tapi loe orang gak pernah bilang itu salah.....(hal ini digunakan untuk membangun TRUST juga). Bukan buat ramalan aja tehnik ini juga bisa dipake buat kehidupan sehari2, buat memberikan sugesti.

Misalkan ada temen yang malas loe mau nasehatin dia. Jangan bilang "Loe males banget "defend mechanism nya bakal bekerja, malah dia gak mau nerima masukan dari loe (ujung2nya kesel malah). Tapi ganti dengan kata2 "loe harus belajar giat atau loe itu pinter tapi loe gak mau berusaha", dan liat perbedaanya deh.

3. JACQUES STATMENT/RAINBOW RUSE

Sebenernya rainbow ruse berbeda dengan jaques statement. Materi "tapi" pada tehnik SUGAR LOEMPS itu namanya rainbow ruse. Tapi tehnik rainbow ruse termasuk ke dalam tehnik JACQUES STATMENT, berbeda sama BARNUM STATEMENT dimana barnum sendiri yang menciptakan tehnik tersebut. JACQUES bukanlah orang nyata tapi cuman karakter fiktif yang ada di novel SHAKESHPERE.

Tehnik ini digunakan buat mengungkap masa lalu seseorang secara emosional. Ente2 dsini sering curhat ato dengerin curhat? nah coba pake tehnik ini. Oke daripada banyak teori langsung ane kasih contoh penggunaanya.

Misalkan ente mau membaca seseorang yang karateristik nya Cewe gokil, tomboy, bawel, dan periang. Trus kita gunakan jacques statment tersebut.

+ "ane tau sekarang loe tipikal org yang rame periang dan bawel tapi dulu ane tau loe punya pengalaman pahit tentang sesuatu yang buat loe sakit ati"

+ "mungkin loe orangnya baik dan friendly.tapi ane tau loe pernah benci dan kecewa sama seseorang"

+ "loe orangnya easy going dan bebas.tapi ane tau loe lagi ada masalah"


Lihat? udah mulai ngeh dalam penggunaanya? kita chek dari nomor 1.

1.Pada dasarnya setiap orang mempunyai pengalaman2 yang membuat dia kecewa, sakit hati, dsb. Walaupun orang tersebut terlihat ceria atau positve thingking 90 % mereka punya. Nah jacquest statement berguna buat membuka pengalaman tersebut, orang tersebut langsung inget pengalaman buruk yang paling mereka ingat, terkadang atau bahkan mereka curcol.

- "wah bener banget tu,ane waktu itu putus ama cowo gw,bla2" atau

- "wah iya waktu itu ane berantem ama nyokap ane trus kabur dari rumah ane depresi abis bla2"

2.setiap orang pernah benci sama seseorang, pernah gak suka ama seseorang, dsb

3.Setiap orang punya masalah, cuman kakek nenek yang gak ada masalah (kakek nenek juga kadang ada masalah deng) dan biasanya abis pake tehnik ini orang langsung curhat panjang lebar bla2.

Udah gitu aja, nanti di update lagi. Selamat Mencoba

Taken from kaskus lounge forum by agan bocorzzz

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar