Kamis, 24 Maret 2011

Antara NVidia dan ATI

Mau sedikit curhat ataupun cuma sekedar sharing tentang pengalaman saya menggunakan jasa layanan video card komputer (behh bahasanya bertele tele, haha). Ya intinya saya mau mengulas performa, ketahanan, serta kecocokan dengan prosesor dari produk kedua merk terbesar VGA saat ini.

Bermula ketika saya membeli sebuah VGA ATI Radeon 9250 128 MB 128 bit. VGA ini memiliki performa yang sangat baik meskipun prosesor yang saya gunakan saat itu hanya Intel Celeron 1.7GHz dengan RAM 1 GB tapi sangat mulus buat gaming. Dengan kombinasi tersebut saya mampu memainkan PES 2009 tanpa patahan sedikitpun mungkin karena VGA ATI memang didesain mampu berlari hampir melewati batasnya (saya juga ga tau batasnya apa ya, hee). Namun hal tersebut harus dibayar dengan kerusakan pada chip VGA karena terlalu panas saat bermain game.

Lain halnya dengan NVidia GeForce 5500fx 256 MB 128 bit yang saya beli buat menggantikan posisi dari ATI yang rusak. Setelah saya coba dengan dengan kombinasi komputer dan game yang sama (PES 2009) ternyata tidak semulus ketika saya menggunakan ATI. Padahal seharusnya dengan spesifikasi tersebut bisa lebih mulus dalam bermain game. Namun kelebihannya adalah chip dari NVidia memiliki ketahanan yang lebih baik ketimbang ATI meskipun dalam hal performa ATI masih lebih unggul dibanding NVidia.

Untuk masalah kecocokan dengan pasangan prosesor, baik ATI maupun NVidia masih dinyatakan serasi jika disandingkan dengan Intel. Ada yang mengatakan NVidia pasangannya Intel sedangkan ATI pasangannya AMD, namun menurut saya itu hanya penyatuan branding saja sehingga tidak menutup kemungkinan jika mereka bertukar pasangan bisa jadi lebih cocok :D

Hanya itu saja yang bisa di share. Klo ada salah - salah pernyataan mohon dimaafkan karena ini cuma sebatas pengalaman saja bukan berdasarkan teori dan uji coba laboratorium, hehe. Apapun pilihan Anda dalam hal memilih VGA, yang terpenting adalah sesuaikan dengan kebutuhan :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar